Baru Rilis, Xiaomi Redmi 5 Plus Beri Pelajaran Hidup Meski Tanpa Agnez Mo dan Chelsea Islan - Mojok (Sindiran)
[MOJOK.CO] “(Harga) hape ini, kadang-kada
[MOJOK.CO] “(Harga) hape ini, kadang-kadang tak ada logika~”
Di Indonesia, perilisan pertama produk baru Xiaomi, Redmi 5 dan Redmi 5 Plus, dilakukan di Jakarta hari Rabu kemarin (14/2/2018), tepatnya di Grand Indonesia. Meski disebutkan bahwa produk ini akan dijual per tanggal 22 Februari, excitement penggemar Xiaomi tetap terasa.
Melanjutkan kesuksesan flash sale yang mencyduk banyak pembeli, Xiaomi kembali akan menjual produknya melalui situs online, yaitu Lazada, JD.ID, dan Shopee, serta di authorized Mi Store.
Sebagai handphone yang digemari karena harganya yang terjangkau, Xiaomi masih tetap konsisten pada kekhasannya itu. Harga seri Redmi 5 dimulai pada angka 1,699 juta, sedangkan Redmi 5 Plus mulai di angka 2,199 juta.
Naaaah, di sinilah, my lov, prahara itu muncul~
Dengan layar 18:9, Redmi 5 Plus disebut sebagai rival ciamik bagi Vivo V7+ serta Oppo F5, mengingat spesifikasinya yang tidak jauh berbeda. Namun, yang tampak njomplang sesungguhnya hanya satu: harga!
FYI aja nih, Oppo F5 ternyata dibanderol harga 3,999 juta, sedangkan Vivo V7+ dijual dengan harga 4,299 juta. Maka, Xiaomi pun langsung dianggap “perusak harga pasar”.
Uwuwuwu~
Padahal, meski menjadi perusak harga, produk terbaru Xiaomi ini, khususnya Redmi 5 Plus, berhasil mengajarkan beberapa ilmu kehidupan yang penting:
#1 Teman Selalu Nomor Satu
Dengan kemampuan yang tida jauh berbeda, kenapa harganya sejauh hatiku dan hatimu? Mungkin begitulah kegelisahan beberapa pihak yang serta-merta menyebut Xiaomi sebagai perusak harga. Padahal, pihak Xiaomi sendiri mengaku tidak mempedulikan kompetisi.
Malah, mereka menyebut bahwa fokus mereka hanya penggemar. Artinya, fokusnya ya hanya kamu, iya kamu~
“Filosofi kami bagaimana menghadirkan produk dengan teknologi terbaru dan dijual terjangkau. Jadi kami tidak peduli dengan kompetisi. Kami lebih memikirkan Mi Fans, yang kami anggap sebagai teman,” ungkap Steven Shi, Manajer Xiaomi Indonesia saat peluncuran.
Uuuh, so sweet baaaatsss~
#2 Hindari Foya-Foya, Jadi Jomlo Bukan Masalah
Bicara soal kualitas, pastilah Oppo dan Vivo sama tidak main-mainnya dengan Xiaomi demi menghadirkan produk terbaik. Namun, apa kiranya yang membuat Xiaomi berani menekan harga sampai membuat pihak-pihak tertentu geleng-geleng kepala?
Iklan, my lov, iklan.
Seperti yang sudah pernah saya tulis, Xiaomi punya alasannya tersendiri yang membuat dia berharga murah, meski kualitasnya tidak murahan. Salah satu alasannya adalah karena Xiaomi tidak berniat repot-repot mengiklankan diri.
“Kami tak akan menghamburkan uang untuk iklan. Itu bukan gaya kami,” ungkap Donovan Sung, Director of Product Management dan Marketing Xiaomi Global.
Ini jelas berbeda dengan Oppo F5 dan Vivo V7+. Seperti yang kamu-kamu ketahui, iklan Oppo F5 selalu dihiasi wajah cantik Chelsea Islan (atau “Mbak Pulau” kalau di akun gosip Instagram, xixixi), sementara iklan Vivo V7+ menggaet Agnez Mo sebagai modelnya.
Dengan metode promosi tanpa model iklan, Xiaomi sedang mengajarkan pada kita semua pentingnya menekan pengeluaran demi terpenuhinya keinginan.
Dengan menunjukkan eksistensi diri tanpa kekuatan kecantikan wanita, Xiaomi sedang meyakinkan pada kita semua bahwa jomlo pun bisa berkualitas.
Dahsyat!
#3 Jangan Dikejar, Santai Jha~
Belajar dari pengalaman kelangkaan stok Redmi 5A, penggemar Xiaomi pun khawatir Redmi 5 Plus akan mengalami hal yang sama, yaitu kelangkaan barang yang mengakibatkan melonjaknya harga pasar.
Flash sale berulang kali yang kala itu hanya dihelat melalui situs Lazada selalu berakhir super cepat, yaitu dalam 4 menit saja. Di beberapa tempat, harga yang semula 999 ribu pun kian tak terkontrol, hingga mencapai 1,5 juta.
Dari fenomena ini, my lov, patutlah kita belajar ilmu sabar dan sedikit malu-malu kucing. Kehabisan di flash sale pertama? Ya nga papa, tunggu flash sale kedua. Masih kehabisan? Tunggu yang ketiga, keempat dan seterusnya.
Seolah membantu kita mengamalkan ilmu bersikap sabar dan tida terlalu agresif, di penjualan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus kali ini Xiaomi menggandeng Lazada, JD.ID, dan Shopee.
Nyoooh, pilih wae, nga usah rebutan terus marah-marah lagi~
Kejadian ini juga menjadi pelajaran penting bagi kita, khususnya kamu-kamu yang sedang mengejar seseorang ataupun sesuatu: santai jha. Serius, deh.
Yours will be yours, anyway.
Pada akhirnya, sampailah kita pada simpulan akhir yang bisa kita cermati diam-diam: Xiaomi Redmi 5 Plus ini hadir dengan nama “Plus” bukan tanpa alasan…
Luarrrr biasa!


Kamu baca Baru Rilis, Xiaomi Redmi 5 Plus Beri Pelajaran Hidup Meski Tanpa Agnez Mo dan Chelsea Islan - Mojok (Sindiran) di alamat link https://artisinf0.blogspot.com/2018/02/baru-rilis-xiaomi-redmi-5-plus-beri.html